Seperti telah dijelaskan pada beberapa artikel sebelumnya mengenai model bisnis #Dropship, model bisnis yang satu ini memang sangat menarik untuk diterapkan khususnya bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online tetapi tidak mempunyai produk sendiri untuk dijual. Bermodal media sederhana untuk membangun link dengan konsumen, kita sudah bisa memulai bisnis online riil dengan potensi penghasilan yang juga menjanjikan.
Salah satu yang semakin diminati saat ini adalah berbisnis dropship via Tokopedia. Kenapa memilih Tokopedia? Alasan utamanya mengapa Tokopedia bisa menjadi ladang subur dropshiping adalah banyaknya penjual grosir pada situs mall online tersebut. Selain ritel seller, Tokopedia.com bisa dikatakan sebagai salah satu markas besar pedagang grosir aneka produk yang bergerak di ranah online.
Namun memulai berbisnis grosir via Tokopedia tentu tidak semudah itu, kita perlu mengetahui dengan baik proses kerjasama serta kredibilitas supplier. Meskipun Tokopedia mempunyai sistem rekrutment merchant yang baik, bukan tak mungkin banyak penjual nakal yang bisa merugikan kita nantinya.
Tokopedia menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk memantau kualitas merchant (#toko online). Di dalamnya termasuk catatan penjualan, review pelanggan serta diskusi antara merchant dengan pelanggan. Dan mungkin salah satu yang paling menonjol adalah sistem rating yang diberikan pelanggan setelah membeli suatu produk pada merchant tersebut.
Namun jangan sampai kita hanya memperhatikan merchant “bintang 5” saja, karena bintang 5 bukan jaminan merchant tersebut benar-benar berkualitas. Sebenarnya indikator yang tepat untuk menentukan baik buruknya sebuah supplier adalah keaktifan serta respon yang diberikan. Faktor kemudahan komunikasi menjadi keharusan karena #transaksi online sangat mengandalkan kepercayaan. Kita bisa melakukan testing dengan menanyakan beberapa hal seputar barang yang dijual, merchant yang baik tentu akan memberikan respon yang baik juga.
Mungkin terdengar aneh, jika ada supplier yang sudah besar kenapa harus mencari penjual sedang berkembang? Alasannya adalah umumnya penjual yang memiliki skala besar mempunyai respon yang kurang baik untuk kita para dropshiper. Pasalnya penjual grosir besar memang lebih mencari rekanan yang membeli dalam jumlah besar juga. Hal ini berkebalikan dengan penjual yang sedang berkembang. Mereka akan lebih aware terhadap dropshiper karena memang mereka membutuhkan kita.
Produk yang Tidak Terlalu Spesifik
Lebih baik jangan mengambil produk semacam itu, pasalnya jika terjadi masalah para supplier maka otomatis pasokan produk tersebut terhenti. Padahal pesanan mulai menumpuk. Dampaknya kredibilitas kita sebagai dropshiper yang dipertaruhkan.
Lebih baik memilih produk yang dibuat secara masal, jadi ketika satu merchant bermasalah kita masih bisa mencari jaringan produk yang lain. Solusi lain adalah jika produk unik tersebut memang sangat potensial untuk dijual, kita bisa membatasi penjualan serta memastikan kesanggupan merchant tersebut.
Jalin Hubungan Lebih Baik
Tips terakhir untuk melancarkan bisnis dropship via Tokopedia adalah menjalin hubungan yang lebih baik dengan merchant. Pada awalnya mungkin semua komunikasi serta proses jual beli dapat dilakukan secara online. Namun jika kerjasama telah dirasa berjalan dengan baik terlebih jika toko fisik merchant tersebut masih terjangkau untuk dikunjungi, alangkah lebih baik kita berkunjung ke lokasi offline merchant tersebut. Selain untuk mempererat hubungan, kita bisa mendapatkan keuntungan lain seperti dapat mengetahui kualitas produk secara langsung serta kemungkinan mendapat diskon “pertemanan”.
No comments:
Post a Comment