-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Harga Barang di SIPLah Kemendikbud Dua Kali Lebih Mahal dari e-Commerce, Nadiem Makarim Disorot

Friday, January 20, 2023 | 9:31:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-20T02:31:45Z

SIPLah, Kemendikbud
 

Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) yang digaungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru-baru ini menuai sorotan dari publik Indonesia di media sosial.

Pasalnya, sejumlah harga barang yang dijual dalam layanan SIPLah jauh lebih mahal dibandingkan dengan barang serupa yang dijual di platform online atau e-commerce.

Diskusi perihal ini awalnya dicuitkan oleh salah seorang warganet @/ko****ma yang menyoroti perubahan dalam sistem pendidikan nasional usai Mendikbud dijabat oleh Nadiem Makarim.

"Serius nanya, apa perubahan yang berarti dalam sistem pendidikan kita saat in?" tanya dia, dalam cuitannya pada Selasa (17/1/2023) lalu.

Salah seorang netizen lantas membalas cuitan tersebut dengan menyebut bahwa sistem fasilitas dana BOS saat ini sudah lebih baik berkat SIPLah.

"Sistem pengadaan fasilitas sekolah melalui dana BOS mestinya udh jauh lebih baik ya, semenjak adanya SIPLAH. Skrg uangnya gak diberikan secara cash, tapi credit di akun SIPLAH masing2 sekolah," ujar As***r.

Sayangnya, cuitannya tersebut dibalas oleh ratusan warganet yang mencoba mencari tahu harga sejumlah barang yang dijual melalui SIPLah yang ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan e-commerce.

Salah satunya, harga flashdisk merk Sandisk dengan kapasitas 32 Gb dijual dengan harga Rp100.000 di SIPLah. Padahal, di Tokopedia, flashdisk serupa dijual hanya Rp45.000 saja.

Pengunggah cuitan tersebut, Ko**i juga menanggapi cuitan itu dengan unggahan harga laptop yang luar biasa mahal. Dalam unggahannya, ia menyebut sebuah laptop merk Asus dijual hingga Rp19.980.000 di SIPLah. Sementara, di Tokopedia, hanya berkisar Rp8 juta hingga Rp9 jutaan saja.

"Asus (gak tau modelnya apa) di siplah hampir 20jt, search processor sejenis di tokped gak ada yg sampe 10jt. Yg lbh kocag, laptop buatan dalam negeri paling mahal Ajig…di level Institusi Pendidikan loh ini," ujar dia.

Sejumlah netizen lantas protes ke Nadiem Makarim karena harga yang kelewat mahal. "Waduh gimana nih Pak Nadiem?"

Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan besar bagi warganet. Bagaimana bisa, layanan yang disediakan Kemendikbud justru menjual barang elektronik jauh lebih mahal dari pasaran?

Mengenal SIPLah

Melansir dari situs resmi kemendikbus, SIPLah adalah inovasi dalam pengadaan barang/jasa Satuan Pendidikan untuk meningkatkan transparansi dan kemudahan bagi Satuan Pendidikan (Satdik) dalam administrasi dan pelaporan serta bagi UMKM untuk turut serta hadir sebagai penyedia barang dan jasa di SIPLah.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Satuan Pendidikan melalui Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah), informasi tersebut sangat penting bagi para pemangku kebijakan, terutama Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan serta bagi UMKM. 

Copas dari https://www.suara.com/bisnis/2023/01/19/173348/harga-barang-di-siplah-kemendikbud-dua-kali-lebih-mahal-dari-e-commerce-nadiem-makarim-disorot?page=all

No comments:

×
Berita Terbaru Update